Climatechange

Pusat Informasi Perubahan Iklim

KAJIAN HAK KONSTITUSIONAL ORANG RIMBA DI BAWAH JARING-JARING REDD

Kematian beruntun Orang Rimba di sekitar Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) catatan buruk di tahun 2015 ini. Berdasarkan Catatan KKI Warsi dari Bulan Januari sampai Awal Maret 11 Orang meninggal akibat kekurangan pangan dan sakit. Kondisi ini semakin mempertegas bahwa kondisi Orang Rimba sudah terdesak dan terrancam karena sumber penghidupan Orang Rimba sudah hilang. Saat ini orang rimba banyak yang terkatung-katung hidup di sekitar jalan lintas sumatera di bawah kebun sawit dan karet yang minim ketersediaan bahan pangan. Hal ini disebabkan masifnya ekspansi bersar-besaran berupa HPH, HTI, HGU, pertambangan dan maraknya kegiatan Illegal Loging, sehingga Hutan mengalamai degradasi dan deforestasi. Akibatnya sumber penghidupan Orang Rimba yang sangat bergantung kepada hutan menjadi raib akibat ulah manusia yang serakah tanpa memperhatikan fungsi ekologi dan hak konstitusional Orang Rimba.

Read more ...

Lebensraum Orang Rimba

Peristiwa kematian beruntun Orang Rimba atau Suku Anak Dalam  (SAD) atau disebut juga Orang Kubu di Provinsi Jambi menyita perhatian penggiat Hak Asasi Manusia (HAM). Berdasarkan catatan KKI Warsi sejak Januari hingga April 2015, kematian Orang Rimba selama masa melangun mencapai 14 Jiwa dimana 8 orang diantaranya adalah anak-anak. Melangun merupakan tradisi berpindah tempat hidup mencari tempat yang baru sebagai akibat terjadinya kematian pada salah satu anggota kelompok Orang Rimba. Telah terjadi 9 kali melangun sejak kematian beruntun Orang Rimba dan merupakan masa melangun paling singkat hanya dalam rentan waktu 3 bulan saja, padahal dalam kehidupan normal Orang rimba biasanya melangun satu kali dalam setahun dan berakhir sekitar tiga tahun kemudian (Robert Aritonang).

Read more ...

PUSAT INFORMASI PERUBAHAN IKLIM

Mengupayakan terciptanya pembangunan dan pengembangan azas-azas konservasi berbasis masyarakat yang berkeadilan, berkesetaraan, partisipatif, keterbukaan dan berkelanjutan sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia masa kini tanpa mengancam pemenuhan kebutuhan hidup generasi berikutnya.

 

Photo Gallery

HHBK2.jpg

Visitor

Today 10

Week 32

All 1133