Climatechange

Pusat Informasi Perubahan Iklim

Profil

Pusat Informasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim nyata terasa dampaknya bagi kehidupan manusia. Mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim mutlak diperlukan dan dilakukan untuk mengantisipasi berbagai dampak yang menyambangi kita. Membangun kesadaran bersama, seraya mengubah prilaku menjadi ramah lingkungan, menjaga keberlangsungan sumber daya hutan serta memantau dan menjadi bagian kritis untuk perbaikan tata kelola kehutanan merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai upaya menghadapi perubahan iklim.

Pusat Informasi Perubahan Iklim (PIPI) yang kami hadirkan di Sebapo Instritute merupakan bagian untuk membangun kesadaran dan pemahaman para pihak yang mendukung upaya-upaya pengelolaan sumber daya alam secara lestari dan perbaikan prilaku menjadi ramah lingkungan. PIPI hadir dengan tujuan untuk :

1. Membangun media kampanye yang kuat dan dekat dengan masyarakat melalui media cetak dan elektronik

2.  Membangun pemahaman bersama untuk adanya kemampuan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui pelatihan pembelajaran para pihak .

3.  Mengkampanyekan  produk kebijakan pembangunan rendah karbon

4.  Mengkampanyekan aktivitas masyarakat yang telah mendukung pembangunan rendah karbon.

5.  Menginformasikan keberadaan masyarakat asli marginal di kawasan yang telah dibebani perizinan

6.  Terupdatenya peta-peta perizinan yang ada di Provinsi Jambi 

Di lokasi PIPI yang bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari Kantor WARSI Telanaipura  ini disediakan ruangan meeting yang mampu menampung 30 peserta diskusi, rumah katunbiri untuk penginapan. Juga dilengkapi dengan perpustakaan dan cafe mini . Di lokasi ini juga disediakan alat untuk mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk, serta terdapat peralatan panel surya sebagai sumber energi. Pembangunan lubang-lubang biopori serta sumur resapan juga bisa dilihat di lokasi ini, sebagai salah satu bentuk mendukung konservasi air. Serta terdapat miniatur pembangkit listrik tenaga kincir air dan miniatur instalasi biogas sebagai bahan pembelajaran para pihak untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana yang dilakukan masyarakat yang mampu mengelola sumber daya mereka dengan baik.  Harapannya kegiatan maupun kunjungan ke PIPI ini bisa menggugah para pihak untuk memperbaiki perilaku menjadi ramah lingkungan sebagai langkah mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

 

PUSAT INFORMASI PERUBAHAN IKLIM

Mengupayakan terciptanya pembangunan dan pengembangan azas-azas konservasi berbasis masyarakat yang berkeadilan, berkesetaraan, partisipatif, keterbukaan dan berkelanjutan sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia masa kini tanpa mengancam pemenuhan kebutuhan hidup generasi berikutnya.

 

Photo Gallery

HHBK6.jpg

Visitor

Today 2

Week 7

All 1612

Loading ...